Back to Kompasiana
Artikel

Luar Negeri

Syaripudin Zuhri

Saya senang bersahabat dan suka perdamaian. Moto hidup :" Jika kau mati tak meninggalkan apa-apa, selengkapnya

Dari Mualaf Rusia Sampai Masjid Tebesar di Eropa

REP | 12 October 2012 | 10:03 Dibaca: 4574   Komentar: 6   4

1350008367491038947

Pembangunan Masjid di jalan Prospek Mira berhadapan dengan stadion Olimpic di Moskow, akan menjadi masjid terbesar di Eropa. Photo by Syaripudin Zuhri.

Ini tulisan mestinya kemarin,  namun ada yang perlu dihulukan dan ada yang perlu dipikirkan ketika akan menerbitkan tulisan ini, karena berhubungan dengan nama orang yang  menjadi fokus tulisan ini. Bisa jadi orang yang dimaksud tak mau dipublikasikan namanya, karena urusan orang dengan Tuhannya berkaitan dengan masalah pribadi  dan takur pahalanya bisa hilang, karena dianggap ria, jadi setelah di pikir masaka-masak maka tulisan ini baru sekarang di publish dengan nama yang saya samarkan, sekali lagi takut disebut riya, yang kalau dalm Islam adalah ibadah yang dilakukan  bukan karena Alah SWT, tapi karena ingin di puji oleh manusia, dan tentu saja di hadapan Allah SWT nilianya menjadi nol alias tak mendapat apa-apa dariNya.

Baik,  mari kita mulai, ada kebahagiaan luar biasa yang di rasakan sebagai seorang muslim, karena telah bertambah lagi pengikutnya di Rusia dan ini orang Rusia tulen yang telah jatuh cinta pada Indonesia, jatuh cinta akan keramahan orang Indonesia dan akhirnya memutuskan untuk masuk Islam. Indonesia telah menawan hatinya dan memikat jiwanya, hingga tak akan lagi dilepaskannya. Dan jatuhnya cintanya pada Indonesia membuat hatinyauntuk kembali dan kembali lagi Ke Indonesia.

Daerah Jogyakarta dan sekitarnya sudah akrab dengan dirinya, dan menurutnya Indonesia begitu indah dan keindahannnya tak akan terlupakan dalam sejarah panjang kehidupannya dan yang menarikanya lelaki Rusia yang telah mengganti namanya menjadi nama Indonesia dan akrab di telinga, sebut saja Mr X ( namanya saya  samarkan) dan telah menjadi mualaf sedang mencari dambaan jiwanya dan ini dikatakan pada penulis pada Februari 2012 yang lalu ketika  Mr X ikut sholat Jum’at di mushollah perwakilan.  Dan Anda tahu wanita mana yang dicari lelaki Rusia ini? Gadis Indonesia, ya gadis Indonesia sedang dicari oleh Mr X untuk mendampingi hidupnya!

13500089391281844414

Jamaah di dalam Masjid Prospek Mira yang sedang di renovasi total dan tiang-tiang di dalam masjis ini hanya tinggal kenangan dan sekarang sudah tak ada, karena di rombak total! Photo by Syaripudin Zuhri.

Coba itu, jadi siapa bilang wanita Indonesia tidak menarik? Sekedar info, ketika saya menulis Diaspora Indonesia, Anda bisa melihat di sana banyak pasangan blasteran Indonesia Rusia! Jadi laki-laki Rusia yang menikah dengan gadis Indonesia banyak, begitu juga sebaliknya laki-laki Indonesia yang menikah dengan gadis Rusia juga tidak sedikit. Nah anggota Diaspora di Rusia juga ada yang blasteran Swedia dan Indonesia, tinggalnya di Moskow! Lelakinya orang Swedia tulen dan Wanitanya anak Betawi!

Jadi siapa bila wanita Indonesia tak menarik? Dan kalau boleh jujur orang Rusia ketika melihat wanita-wanita Indonesia dalam sebuah pertemuan banyak yang tertarik, dan ini yang membuat repot, beda iklim! Rusia yang iklim dinginya lebih banyak dan ekstrem hingga minus puluhan derajat celcius di musim dingin sangat berlawanan dengan iklim di Indonesia, yang rata-rata suhunya sudah berada di atas 32 derajat C! Jadi mikir panjang bila akan tinggal atau menikah dengan wanita Indonesia, kecuali kalau wanita Indonesia mau di bawa ke Rusia, nah loh seperti biro jodoh nih!

Oke kita kembali ke Mr X, yang sudah mantap dengan keislamannya dan sedang mencari gadis Indonesia yang muslimah dan yang berjilbab, wah mantap benar keinginan Mr X, semoga saja dia menemukan apa yang diidamkannya. Dan tentu saja ini sangat membahagiakan, karena ketika dia nantinya menikah dengan wanita Indonesia, insya Allah bila mendapat keturunan juga akan menjadi pengikut Rosulullah SAW. Lagi lagi menambaha kebahagiaan, karena muslim kian bertambah.

1350009092423653346

Dua menara yang sedang di bangun terlihat dari kejauhan, di shoot dari gedung Olimpic yang berda di hadapan masjid Prospek Mira ini. Photo by Syaripduin Zuhri.

Dan memang begitu adanya, ketika kaum muslimin banyak dihujat,  dituduh teroris, pembawa Risalah dipermalukan sedemikian rupa dengan dibuatkan film yang kotornya bukan main-main dan banyak lagi hal-hal yang memojokan ummat Islam, dan ummat Islam selalu dijadikan tertuduh, namum pengikut Islam semakin bertambah dan bertambah. Memang begitulah dunia, mengajak kebaikan belum tentu diterima baik, tapi ketika ada nila setitik yang dilakukan ummat Islam, maka merusak susu sebelanga!

Namun Islam semakin di hajar, Insya Allah,  semakin kuat, semakin dibenci semakin banyak yang mencari dan dicintai, semakin dihina semakin banyak yang terpesona dan semakin dihujat semakin tinggi martabat, mengikat dan banyak pengikut, yang lebih hebat lagi semakin dipinggirkan justru semakin ke tengah! Itulah Islam, mana buktinya? Ya silahkan saja Anda baca ketika terjadi kasus WTC, ternyata Ummat Islam di AS naik dengan drastis, Qur’an bahkan menjadi rujukan yang di cari-cari, benarkan Islam yang seperti dituduhkan? Hasilnya setelah membaca Qur’an, mereka memutuskan masuk Islam.

Begitu juga dengan Mr X ini, dia sudah masuk Islam dan banyak lagi orang Rusia yang masuk Islam, bukti yang paling nyata adalah ketika sholat di Masjid-masjid di Moskow, yang kian hari kian bertambah orang yang sholat di masjid-masjid tersebut dan itu bukan dari kalangan orang-orang yang memang sudah dari dulunya Islam, tapi kini diisi oleh anak-anak muda Rusia yang masuk Islam. Dan untuk menampung para jamaah, maka sholat Jum’at pun sampai-sampai ke luar dari dalam masjid dan ini bukan lebaran, tapi baru sholat Jum’at, kalau lebaran bahkan sampai di buat dua sip, karena jamaah yang tak tertampung!

13500096901699104197

Masjid lama ini sekarang sudah diruntuhkan dan diganti dengan masjid Agung dan megah yang sedang dibangun insya Allah akan selesai tahun 2012 atau paling lambat tahun 2013. Photo by Syaripudin Zuhri.

Dan jamaah akan terus bertambah dan akan terus bertambah, mengapa? Karena sekarang khutbah di Masjid-masjid  di Rusia boleh pakai bahasa Rusia, yang pada jaman komunis sangat dilarang, karena takut jamaahnya tertarik akan uraian Islam yang damai dan menyejukkan. Jadi yang digunakan pada saat hanya bahasa Tartar. Syukur Alhamdulillah setelah kehancuran komunis, khutbah Jum’at di masjid-masjid sudah boleh pakai bahasa Rusia dan pengaruhnya jelas, Islam semakin akrab dan dikenal oleh bangsa Rusia dan dengan semikian, semakin banyak orang Rusia yang masuk Islam.

Bukti lain lagi adalah adanya madrasaha di hari libur, Sabtu dan Minggu, maka bagi warga Rusia yang tertarik pada Islam dan ingin memperdalam ajaran Islam bisa belajar di hari libur tadi, dan lagi-lagi ini membutikan akan kemajuan Islam di Rusia. Bukti yang lebih konkrit di Moskow sedang di bangun Masjid Agung yang akan menjadi masjid terbesar di seluruh Eropa! Dan karena pembangunan masjid ini begitu besar dan megah, maka rencananya selesai tahun 2012 ini, manjadi mundur tahun depan, 2013.

Sebenarnya saya lagi menunggu-nunggu, apa pasalnya? Karena ini akan menjadi bukti kebohongan ramalan bahwa tahun 2012 kiamat, sehingga di buat filmnya! Saya ingin menjadi salah satu saksi dengan diresmikan masjid pada tahun yang sama dengan kebohongan ramalan tersebut! Tapi sudahlah.. yang jelas kalau dalam Islam yang tahu terjadinya kiamat hanya Allah SWT.

Oke, kita kembali ke Mr X yang kian mantap dengan pilihannya dan akan datang lagi Mr X -Mr X yang lainnya, karena diprediksi 25 tahun ke depan jumlah ummat Islam di Rusia akan menjadi penduduk mayoritas di Rusia. Ini lagi-lagi bukti bahwa Islam dan Rusia tak bisa dipisahkan, walau di jaman komunis masjid-masjid dihancurkan dan banyak yang dijadikan gudang. Masa itu telah lewat, kini ribuan masjid di Rusia telah berdiri dalam waktu dua dekade saja!

Oya bukti lain yang menggembirakan, suara adzan dan khutbah dari masjid pun sekarang sudah boleh ke luar, jadi speaker atau toa yang ada di menara-menara masjid seperti di Indonesia, kini di masjid-masjid di Rusia pun ada. Jadi suara adzan terdengar di luar masjid, yang pada jaman komunis dilarang! Ya sinar Islam semakin bercahaya dan akan meliputi seluruh dunia, termasuk Rusia. Alhamdulillah ya Rob. Segala puji bagiMu ya Allah, Tuhan seluruh alam semesta, kami runduk dan tersungkur dalam Kemaha BesaranMu!

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Agnezmo Masuk Final Nominasi MTV EMA 2014, …

Sahroha Lumbanraja | | 16 September 2014 | 19:37

60 Penyelam Ikut Menanam Terumbu Karang di …

Kompas Video | | 16 September 2014 | 19:56

“Penjual” Perdamaian Aceh …

Ruslan Jusuf | | 16 September 2014 | 17:33

Musim Semi di Australia Ular Berkeliaran …

Tjiptadinata Effend... | | 16 September 2014 | 15:54

Ibu Rumah Tangga, Profesi atau Bukan? …

Mauliah Mulkin | | 16 September 2014 | 13:13


TRENDING ARTICLES

Ahokrasi, Tepat dan Harus untuk Jakarta …

Felix | 8 jam lalu

Norman K Jualan Bubur, Tampangnya Lebih Hepi …

Ilyani Sudardjat | 8 jam lalu

Suparto, Penjahit Langganan Jokowi …

Niken Satyawati | 11 jam lalu

Ganggu Ahok = Ganggu Nachrowi …

Pakfigo Saja | 12 jam lalu

Kabinet Jokowi-JK Terdiri 34 Kementerian dan …

Edi Abdullah | 14 jam lalu


HIGHLIGHT

“Aku Bukan untuk Si Kaya, Tapi untuk …

Muhammad Samin | 7 jam lalu

Pemandangan di Tepian Sungai Batanghari …

Aryani_yani | 7 jam lalu

Fitur-fitur Wireshark …

Haidar Erdi | 7 jam lalu

Monolog Kebaikan …

Ari Dwi Kasiyanto | 7 jam lalu

Nasib Rakyat Negeri Keledai …

Asmari Rahman | 7 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: